RSS

Vaksinasi Kucing

bagi pecinta hewan piaraan, kesehatan hewan kesayangannya adalah hal yang paling utama. aku mau bagi2 pengalaman buat para cat-lovers tentang tips-tips mengenai kucing kesayangan.
kapan saat yang paling tepat untuk memvaksinasi kucing kita????
sebelumnya, mari kita cari tau, buat apa sich kucing jita perlu divaksinasi? aku dan dokter hewan langgananku menyebutnya imunisasi. hehehe, kaya' manusia aja ya diimunisasi. yupz, sama dengan bayi-bayi manusia pada umumnya yang harus diimunisasi, kucing pun perlu diimunisasi juga loh. ini mencegah kucing-kucing kita terserang berbagai virus, seperti Rhinotrachetis, Calicivirus, Panleukopenia, Rabies, FelV, dan Chlamidophila sehingga kucing kita tetap sehat, lincah dan bersemangat. ^__^

kucing diberikan vaksinasi pertama setelah umurnya lebih dari 2 bulan, karena pada usia itu kucing sudah disapih oleh induknya. nah, kenapa kalau kucing masih menyusu tidak dianjurkan untuk diimunisasi? karena, terdapat antibody yang disalurkan oleh induk kucing melalui air susunya. vaksin dibuat dari virus yang dilumpuhkan. jadi, vaksin tidak akan bekerja sesuai dengan yang diharapkan jika antibody kucing kita semakin kuat.
setelah vaksinasi pertama, sebulan kemudian akan diberikan vaksinasi ulangan, barulah vaksinasi dilakukan setiap setahun sekali.
setelah kucing diimunisasi (disuntik oleh dokter), terkadang ada yang lemas, nafsu makan berukurang, dan ada juga yang tidak terpengaruh. kucingku, Bella, setelah diimunisasi malah nafsu makannya besar dan semakin lincah. kadang-kadang mama sampai marah karena perabotan di rumah sering diberantakin. hehehe, namanya juga anak-anak. kan masih suka main :p
jadi, para cat-lovers... jangan anggap enteng vaksinasi ya. kan demi kelangsungan hidup kucing kesayangan kita juga. siapa sich yang ngga seneng kalo kucing piaraannya sehat dan lincah???

0 komentar:

Posting Komentar